Wednesday, April 06, 2005

Surat Kaleng di Internet

Hari Senin tanggal 4 April kemarin saya membuka pesan yang ada di buletin board Friendster saya. Berikut adalah isinya:

i have to pass this thing .....
its for u to judge if this is true....
Yo! I'm real sorry but this one scared me
I just had to send it out... Now, that you're
Reading it...there's no turning back!!!...
I read this chain letter and I thought It was
some stupid joke, but it wasn't this FU** is
Really true!!!! It's been haunting me for as
long as I can remember!!!!...
-Rick, 18, U.K.

Hey! Surat kaleng ini awalnya dikirimkan ke
mail gw, pertamanya gw tdk menggubrisnya...
Tapi gw benar2 menyesal telah
memandangnya sebelah mata, gw harus
pindah rumah dan berharap semua akan
berakhir...
-Alin, 25, J-town

Ya, ya, ya... sayang sekali bagi mereka yg tdk
perhatian. Aku mengirimkan surat ini ke
banyak orang dan tebak apa yg terjadi....
Setelah beberapa hari, aku menjadi manager
perusahaan tempat aku bekerja...
-Indra, 24, Sby

Aku dulunya adalah seorang wanita karier yg
sukses dengan 2 anak dan seorang suami
yg baik, tp skrng hidupku hancur...
Semua krn surat kaleng ini, awalnya aku
mengabaikannya, lalu hal2 yg seram mulai
menghantuiku, lebih parahnya suamiku
menceraikanku dan membawa 2 anakku
karena dia mengira aku sudah gila!!!
-Nia, 31, Yk

Yo! hai teman! Gw dulunya adalah seorang
pecundang di skul dan bodoh lg... gw
mendapat surat kaleng ini dan
mengirimkannya kepada knalan2 gw dan stlh
beberapa hari...Whoa!!!...Semuanya menjadi
sangat menyenangkan... dan cewek paling
cantik di skul mengajak gw jalan... Skrng gw
benar2 mjd seorang yg paling beruntung di
dunia...!!!
makasih jg buat surat ini skrng gw jg mjd
lebih pintar... hidup gw benar2 mjd hebat!!!!
-Roni, 16, J-town

Once your reading this you must do exactly
what it tells you to do...this is no joke...If you
ignore this you will regret it!!!...

> Here it goes!!!...

> A little girl named Chelsy McCann was killed
in 1933 by a homical maniac who buried her
alive while chanting a satanic chant "tomo
Sama te blistat" those were the words
spoken, and now u have read them...anyone
who reads the chant will meet a small child in
the middle of the night she will be on your
ceiling as you sleep. She will suffocate you as
she was suffocated or maybe she will show
up inside your bathroom when your taking a
bath wearing a white shirt with blood stains
on it and kill you...unless you send this to at
least 66 people for 6 days, so she will leave
you in kindness and in return good things will
happen to you...

Its up to u now.....

Yang pertama kali saya rasakan adalah perasaan ngeri dan takut. Saya memang tidak kuat terhadap hal-hal yang berbau horor. Waktu nonton The Ring aja saya gak kuat. Kadang-kadang ditonton, kadang-kadang tutup mata, sangking takutnya. Tapi setelah itu, saya menekankan pada diri saya kalau film itu hanya "kebohongan". Bukankah ketika kita mengeluarkan uang untuk menonton film itu sama artinya dengan mengeluarkan uang untuk dibohongi?

Ok, Ales bukan mau ngebahas itu. Yang mau dibahas itu tentang isi email di atas. Ada bbrp hal yang mau dibahas:

1) Apa bener klaim dari email itu, bahwa arwah gadis kecil itu bakal gentayangan di rumah orang yang cuek terhadap email itu? Barangkali cerita ttg terbunuhnya gadis kecil itu barangkali bener. Dan barangkali bener juga ada yang digentayangi.
Tapi lagi2 kita gak tau sama sekali kan?

2) Ada orang2 yang ngasih testimoni dlm email itu. Ada yang ngaku hidupnya ancur berantakan gara meremehkan "peringatan" email itu. Sisanya hidup bahagia karena mereka patuh dan tunduk pada anjuran email itu. Jadi, mereka yang ngikutin anjuran email itu percaya, bahwa yang bisa merubah hidup mereka menjadi lebih baik, yang bisa memberi ketenangan hati, yang bisa ngasih rezeki, dll, adalah email
besarta klaimnya itu! Bukan Allah, guys! Ales memang berbicara dalam konteks Islam yang Ales yakini. (I beg UR pardon, kalo ada yang bukan muslim) Itu adalah jebakan syirik yang sangat halus dan berbahaya banget. Mata hati mereka dikaburin dengan rasa takut terhadap gangguan arwah. Mereka jadi melenceng jauh dari konsep Allah dan mahluk ciptaanNYA.

3) Saya sama sekali gak memungkiri keberadaan jin dan syetan lho. Saya juga gak memungkiri bahawa BISA AJA satu saat syetan akan mengganggu saya dengan gangguan yang persis seperti diklaim email itu. Tapi itu adalah cobaan terhadap keyakinan manusia terhadap Tuhannya. Jadi mohon perlindungan padaNya, bukan pada email itu (Dengan mengirim email itu ke 66 orang dalam 6 hari. Angka "666" itu angka yang menjadi simbol setan dalam satu kepercayaan tertentu. Saya kurang banyak tau soal itu.)

Arwah orang yang udah meninggal itu ada di dalam alam yang namanya "alam barzakh". Jelas alam itu beda dari alam fana kita. Dalam "kapling" yang diberikan bagi setiap jiwa manusia, tiap jiwa itu akan mengalami satu diantara dua: Dapet siksa kubur atau nikmat kubur. Dan mereka akan tetap di alam itu sampai hari kiamat tiba untuk dibangkitkan.

Jadi, kalo ada yang pernah baca komik tentang alam kubur, dimana jiwa manusia ditanya malaikat, dst,di dalam kuburan, komik itu tidak tepat. Yang tepat adalah bahwa jiwa manusia yang udah meninggal itu gak ada di dalam Taman Permakaman Umum, jasadnya doang yang ada di situ. Alam barzakh ada dimana? Hanya Allah yang tau. Ini kutipan surat Al -'Isra ayat 85 dalam Al-Quran:

Mereka bertanya padamu (Muhammad) tentang ruh.
Katakanlah, "Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,
sedangkan kamu hanya diberi pengetahuan yang amat
sedikit."


Kalo ada bayangan hantu atau roh halus yang melakukan penampakan di depan mata manusia, bisa dipastikan kalau itu bukan arwah manusia yang gentayangan. PASTI itu salah satu di antara dua: Jin yang menyerupai manusia untuk suatu urusan tertentu atau syetan mau yang mengganggu batin manusia. Boro-boro mau gentayangan, wong menjawab pertanyaan dari malaikat Munkar dan Nakir aja (kebanyakan manusia) udah belepotan. Begitulah yang terjadi sebenarnya.

Jadi, sebagai muslim (apalagi yang anak kuliahan), mbok ya jangan nelen mentah2 berita yang sampe. "Gimana perutnya mau sehat kalo makanan gak dipilih-pilih dulu, asal telen aja?".Harus bisa dibedain mana yang "main ingredients", mana yang "additional seasons". Jadi, cek dulu kebenarannya, Ok?

2 comments:

Anonymous said...

Well done!
[url=http://ntehqvng.com/qape/bedy.html]My homepage[/url] | [url=http://jngkpjnh.com/cxid/vqvz.html]Cool site[/url]

Anonymous said...

Well done!
http://ntehqvng.com/qape/bedy.html | http://gbqlnlrw.com/fwfl/wmjb.html