Wednesday, June 08, 2005

Jejak Waktu

Minggu, 05 Juni 2005.

Seminggu terakhir ini cuaca Bandung kembali tidak menentu. Di pagi hari mendung, di siang hari cerah bahkan kadang panas menyengat, kemudian di sore hari mendung lagi. Setiap pukul enam pagi aku melihat ufuk barat daya tersaput awan tebal. Biasanya garis matahari sudah terlihat jam segitu. Tapi itu tidak berlangsung lama. Dalam sekejap, aku bisa merasakan hangatnya pelukan mentari. Sekitar jam tujuh sampai jam setengah delapan matahari berhasil keluar dari cengkeraman awan suram itu.

Kadang udara lembab. Angin bertiup kencang, membuat badan tidak enak. Padahal sekarang sudah musim kemarau.

Paling tidak sore ini cerah di daerah Cicadas. Karena aku pulang ba’da Asar, aku bisa menikmati cerahnya langit sambil memandangi awan yang menggantung.

Sambil berjalan menuju tempat kosku, aku mendapati bahwa sekarang sudah musim layangan. Kemanapun mata kuarahkan, aku melihat segi-empat kecil beterbangan menghiasi langit. Angin yang bertiup kencang di atas sana tampaknya mendukung penggemar layangan.

Semakin dekat ke kosan, aku mendapati hal yang lain. Capung-capung sekarang sering mengunjungi daerah tempat kosku. Bahkan dua hari yang lalu ada seekor capung yang masuk ke kamar tidurku. Aku baru mengetahui keberadaannya di pagi hari. Nampaknya dia masuk malam sebelumnya dan tidak bisa menemukan jalan keluar.

Sebuah ritme biasa dari kehidupan biasa yang dijalani oleh lingkunganku. Tapi bagiku semua itu tidak biasa. Aku merasakan keindahan dari semua itu. Ditambah lagi ketenangan yang biasanya datang di hari Minggu. Waktu bagai mengapung dengan tenang. Tenang. Begitu tenang. Sesuatu yang sudah lama tidak bisa kurasakan karena pikiranku selalu ramai.

Setidaknya bagiku.

Sudah lama aku tidak bisa merasakan waktu. Aku benar-benar tidak merasakan jejak waktu dalam jiwaku. Tubuhku sih merasakan jejak waktu. Tapi itu tidak seberapa kupikirkan. Selama dua tahun belakangan ini, waktu seakan tidak meninggalkan apa-apa pada jiwaku selain kebingungan dan luka. Aku menjadi pesakitan yang terkungkung dalam dunia maya di kepalaku.

Tapi pada saat yang sama waktu mengerucut ke satu titik. Titik yang membantuku keluar dari penjara jiwa ini. Titik yang membantuku menemukan dunia yang jauh lebih luas dari dunia maya dalam kepalaku.

Waktu memberi luka dan memberi penyembuhan. Suatu paradoks? Tidak, aku yakin. Tidak ada peristiwa—yang dialami manusia—yang menjadi sesuatu paradoks. Semua itu sudah diatur oleh Ynag Maha Teliti dan Sempurna. Manusia hanya belum bisa menemukan benang merah dari “paradoks-paradoks” yang mereka alami bila mereka merasakan ada paradoks dalam perjalanan nasibnya. Itulah kesimpulan yang kudapat ketika aku kembali menengok ke belakang, ke jalan yang telah kutempuh selama ini.

BTW, aku berbicara ini sesuai dengan kerangka berpikirku. Jadi sangat mungkin Anda tidak setuju denganku.

8 comments:

Anonymous said...

This article arrived a well timed passion! I can't believe it. I'd
been searching online for Email Templates.
You did a really good job and yes i completely agree that a template can make or break your internet business.
Great Job!

Anonymous said...

Hi Dear, are you genuinely visiting this website regularly, if so afterward you will without doubt take good experience.



Feel free to surf to my blog: free email templates

Anonymous said...

Fantastic beat ! I would like to apprentice while you amend your
website, how can i subscribe for a blog website? The account helped
me a acceptable deal. I had been a little bit acquainted of this your
broadcast offered bright clear concept

Feel free to surf to my homepage; email templates free

Anonymous said...

Hi to every one, it's really a fastidious for me to pay a quick visit this website, it includes useful Information.

Also visit my blog post - bridal makeup artist

Anonymous said...

Wow! In the end I got a web site from where I can in fact take valuable information concerning my study and knowledge.


my web page ... thumbtack

Anonymous said...

I know this site presents quality based articles or reviews
and additional stuff, is there any other web site which offers these stuff
in quality?

Here is my web blog; click the Up coming website page

Anonymous said...

I think what you published made a great deal of
sense. However, what about this? suppose you were to write a awesome post title?
I am not saying your information is not good, but suppose you added something that grabbed a person's attention? I mean "Jejak Waktu" is kinda boring. You should look at Yahoo's home page
and watch how they create article titles to get viewers to click.
You might add a related video or a picture or two to
grab readers excited about what you've got to say. In my opinion, it could bring your posts a little bit more interesting.

Review my web blog visit the Next Website

Anonymous said...

What's Happening i'm new to this, I stumbled upon this I've discovered It absolutely helpful and it has helped me out loads. I hope to contribute & aid other users like its helped me. Good job.

My weblog Vlogmyride.com