Wednesday, December 28, 2005

The Way You Make Me Feel

Gara-gara baca blognya Ikram, saya jadi inget pengalaman di bank Mandiri waktu mau buka tabungan...

Saya baru aja dari Simprug, itu loh, daerah di deket Pondok Hijau di Jakarta Selatan. Jauhnya bukan main dari Priuk. Saya yang naik bis harus capek badan dan capek hate gara-gara nyariin daerah yang namanya Simprug itu. Udah tau jauh, ngapain ke sana?

Dulu, sewaktu SMA, saya pernah ikutan lomba menulis esai dalam acara Jakarta Book Fair 2000. Karena menang, saya dapet hadiah berupa tabungan sebesar Rp 300,000.-. Yang nyeponsorin adalah Bank Mandiri, jadi tabungannya dibuat dari teller di stan Mandiri yang memang ada di pameran buku itu. Di buku tabungan tertulis 'Bank Mandiri cabang Simprug'. Waktu itu yang kebayang adalah Simprug itu adalah daerah perkantoran di seberang Senayan (maklum, belom kenal betul Jakarta waktu itu).

Setelah tahu kalo saya gak tau sama sekali Simprug itu dimana, saya bergerilya seharian di Jakarta Selatan.

Ok, ok. Gak seharian dan gak di seluruh Jaksel. Di sekitar Pondok Hijau aja.

Setelah ketemu banknya, saya kuras tabungan yang tersisa, terus saya pulang.
I'm coming back home...

Sampe di Priuk, saya langsung ke bank Mandiri cabang Yos Sudarso dan buka tabungan baru. Huf, bakal aman deh uangku sekarang.

Ngapain saya mindah-mindahin rekening? Begini, Jakarta Selatan itu jauh. Sementara aktivitas saya di Priuk. Jadi saya pikir lebih baik saya mindahin tabungan. CAPEK kalo harus bolak-balik Simprug-Priuk cuma untuk ngurus tabungan.

Sesampainya di sana bank Mandiri Yos Sudarso, saya ke bagian customer service dan langsung minta formulir pembukaan rekening. Hanya perlu sekejap untuk saya terpesona.

Yang melayani saya itu seorang mbak-mbak yang berwajah manis. Wulan namanya. Matanya coklat jernih seperti batu ambar. Wajahnya mungil, kulitnya putih, orangnya ramah. Baru kali itu saya ketemu pegawai bank yang simpatiknya gak dibuat-buat sama sekali. Tulus. Keliatan kalo pribadinya memang bagus banget. Gak bosen-bosen saya memperhatikan Mbak Wulan ini (oke, saya perempuan normal dan kekaguman saya sebatas normal, oke?).

Tutur katanya lembut dan menyenangkan. Pokoknya seneng banget dilayani oleh Mbak Wulan itu. Setelah saya beres mengisi semua form dan buku tabungan saya jadi, saya pulang dengan hati lapang.

Sebulan kemudian saya baru sempat pulang ke Priuk lagi untuk ngambil kartu ATM. ATM saya baru jadi seminggu dari tanggal pembukaan rekening saya. Tapi karena saya masih kuliah di Bandung dan baru bisa pulang empat minggu setelahnya, saya baru ke Mandiri, ya empat minggu kemudian.

Masuk ke bank, saya langsung masuk ke bagian pengambilan ATM. Setelah menunggu beberapa lama, saya dipanggil. Yang melayani adalah seorang mbak yang lumayan cantik. Tapi kemudian...

"Hmmm...," katanya, sambil nyari amplop berisi kartu ATM saya, "...udah sebulan gak diambil ya, Mbak??" nadanya menyalahkan. Saya jadi ikutan merasa bersalah. Si Mbak gak senyum sama sekali. Tapi saya tau kalo saya masih BERHAK ngambil ATM saya sebulan setelah tanggal pembuatan karena batasnya enam bulan.

"Ini, silahkan tanda tangan di sini." Saya tanda tangan.

Dia merobek amplop ATM dan menunjukkan bagian yang ada nomor PIN saya. "Ini nomor PIN-nya," dia menunjukkannya dengan cepat sekali dengan cuma menyorongkan tangannya trus langsung ditarik lagi. Matanya gak memandang sekalipun ke saya. Lalu si Mbak nyerahin amplop itu.

"Makasih," kata saya. Saya berlalu dengan gondok. Tapi dalam hati saya mencoba untuk menerima bahwa mungkin suasana hati si Mbak lagi gak enak.

Fuuuuh, orang memang gak bisa diprediksi. Ternyata gak gampang untuk menemukan orang seperti Mbak Wulan yang ramah itu. Meski di bank sekaliber bank Mandiri sekalipun.

Bener ya, ternyata jadi pekerja yang berada di frontline susah-susah-gampang. Meski cuma senyum aja, kita perlu usaha keras. Apalagi kalo lagi ada masalah. Repotnyaaa. Tapi yang saya alami cuma satu itu aja. Sebelumnya saya belum pernah ketemu pagawai bank Mandiri sejutek Mbak tadi. Tapi sekalinya nemu, saya langsung merasa gak enak.

Wah, kalo SPG/teller kayak gitu semua, mana ada pelanggan yang mau datang lagi? Semoga aja enggak.

It's the way you make me feel...

3 comments:

ikram said...

Hai hai.
Jangan kebanyakan kritik, ntar dicap sebagai "gagak kesetrum" loh.

Hahahahahaaa.

Yuti Ariani said...

Pengalaman di bank, waktu mau buka tabungan...

"Nah, de, tandatangan disini"(sambil nunjukkin beberapa bagian yang harus ditandatangan).

"Wah, ade, tandatangannya ngga sama." Alhasil aku latihan meniru tandatangan sendiri selama setengah jam, bahkan teller yang melayani aku udah berhasil meniru tandatanganku sambil minta aku untuk memperhatikan jumlah lekukan yang ada. Sedangkan aku, masih gagal total.

Akhirnya malah ayahku yang jadi buka rekening, dan aku pulang ke rumah tanpa hasil

ikram said...

Sama Yut. Kapan itu ya, di bank. Jelas-jelas gua tandatangan di depan dia. Masa dituduh palsu?

Terlalu patuh pada aturan bikin susah :)