Wednesday, October 05, 2005

B21: Super Woman

Super Woman? Siapa sih?

Mereka adalah seorang wanita biasa bila Anda melihatnya--bahkan ketika Anda memperhatikannya baik-baik. Ada yang bersahaja, ada yang anggun, ada yang gemerlap, dan ada yang benar-benar tidak bias dicirikan. Biasa!

Tapi mereka disebut Super Woman. Kenapa?

Mereka menjadi istri. Itu yang pertama. Kemudian mereka menjadi anak menantu. Belum lagi mereka harus menjadi ibu. Kemudian mereka juga tidak terlepas dari yang namanya 'masyarakat' sebagai tempat berkiprah.

Saya menemui banyak sekali Super Woman-Super Woman dalam perjalanan hidup saya sampai saat ini, umur 21. Pertama ibu saya. Kedua Bu Dara (begitulah kami sebaai keponakan beliau memanggilnya), kakak tertua dari ibu saya. Ketiga dosen-dosen wanita yang pernah mengajar saya semenjak tingkat satu hingga tingkat empat. Lalu ibunda dari teman-teman yang saya sayangi (kalau bukan karena ibunda mereka, teman-teman saya tidak akan mungkin menjadi orang-orang hebat dan akan saya sayangi).

Itu yang saya temui langsung. Kemudian yang saya ketahui dari buku-buku sejarah adalah para sahabiyah Rasulullah. Mereka adalah wanita yang luar biasa!!! Mau contohnya? Tengok saja bagaimana kepribadian Khadijah, istri pertama Rasul, Sumayah, Siti Aisyah, dan Fatimah binti Ali. Saya mengagumi mereka bukan sekedar karena saya orang Islam, tapi kepribadian mereka indah. Begitu indah.

Melihat diri saya sekarang ini dan melihat mereka yang saya sebut sebelumnya, betapa jauhnya saya dari ciri-ciri kepribadian mereka! Jauh sekali!

Akankah saya menjadi semulia mereka?

No comments: