Tuesday, December 04, 2007

Heran

[Ini adalah tulisan berisi selintasan ide atau komentar saya terhadap apa yang saya lihat atau ketahui. Terkadang ide atau komentarnya sinis. Mohon maklum ya. Masih banyak ide yang akan saya tambahkan. Jadi sering-sering saja mengecek blog ini.]

Nabi atau Rasul. Begitu aku mereka. Itu loh, orang-orang seperti pemimpin Al Qiyadah Al Islamiyah atau Eden. Menurut saya, kalau bukan rekayasa menjelang pesta politik, keberadaan kelompok 'menyimpang' ini adalah bukti kuat tentang pemimpinnya: mereka mungkin menderita skizofrenia.

Orang dengan penyakit mental ini kan memang menunjukkan gejala 'dapat-melihat-apa-yang-tak-terlihat', mengalami waham kebesaran (merasa dirinya tokoh besar), dan tetap terlihat sehat (tidak seperti orang yang sakit jiwa, maksudnya). Padahal mereka dapat membahayakan kewarasan orang lain yang manggut-manggut dan percaya pada kata-kata mereka.

Jadi, bila satu saat bertemu dengan orang yang mengaku-aku sebagai nabi atau rasul baru, segeralah hubungi salah satu dari dua pihak: polisi atau psikiater. Yang kerap dilakukan oleh pemuka agama adalah menghubungi yang pertama. Padahal menurut saya, besar kemungkinan yang perlu dihubungi adalah yang kedua.

1 comment:

Donny said...

tapi, setidaknya saya juga mendapatkan gambaran bagaimana Rasulullah dulu diperlakukan :)