Wednesday, July 23, 2008

Teka-teki Matematika

Teka teki I
Pak Janson, seorang tukang cukur dari Sumatera Utara, sesumbar bahwa dia mencukur rambut semua orang di desanya yang tidak mencukur rambutnya sendiri.
Siapakah yang mencukur rambut Pak Janson?

Teka-teki II
Ahmad Dani akan dihukum karena kesalahannya.
Sebelum dihukum, ia diminta untuk mengucapkan satu kalimat. Jika kalimat yang diucapkannya bernilai benar, ia akan dihukum gantung dan jika yag diucapkannya salah, ia akan dilistrik.
apa yang harus dikatakan Ahmad Dani supaya ia terbebas dari kedua hukumannya tersebut?


Komentar:
Ini teka-teki yang menggunakan logika, bukan asal tebak.
Beberapa orang sudah saya beri teka-teki ini.
Ada yang menjawab dengan serius, ada yang ngawur.
Mari kita lihat jawaban teman-teman... (hihi...)

29 comments:

ikram said...

Susah ya.

Cuma bisa No.1 : Pak Janson.

alkarami said...

no. 1 :pak janson
no.2 : mengucapkan dua atau (lebih) kalimat..

sherlanova said...

Imaa, untuk nomor 2, jawabannya mesti sebuah kalimat, bukan keterangan tentang jawaban.

Apa coba jawabannya? Hihi...

Tentang nomor 1: Kan bisa aja Pak Janson mencukurkan rambutnya ke orang lain. Kenapa gak jawab "orang lain"?
Hayooo... gimana coba?

Donny Reza said...

Teka-teki I:
Orang lain ... kalimat "semua orang di desanya yang tidak mencukur rambutnya sendiri" menjadi batal kalau pak Janson mencukur rambutnya sendiri :D

Teka-teki II:
Saya tidak kawin sirri dengan Mulan Jameela... :p (kan masih diantara benar dan salah tuh?!) :p

julian87143 said...

No. 1: Pak Janson (alasannya kan udah ya waktu itu)

No. 2: "Saya akan dilistrik" Nah, yang ngehukum pasti bingung.

Anonymous said...

teka-teki I
himpunan kosong.

egiii said...

teka teki 1 : yang jelas bukan pak janson

teka teki 2 : saya akan dilistrik

syahrulefendi said...

No. 1
Saya yakin jawaban yang diinginkan adalah: Pak Janson Gak Pake Cukur Rambut
Alasan :
* Misal Pak Janson mencukur rambut sendiri. Artinya pak janson tidak termasuk orang yang tidak mencukur rambutnya sendiri. Maka Pak Janson tidak mencukur rambut Pak Janson (kontradiksi dengan permisalan).
* Misal Pak Janson tidak mencukur rambutnya sendiri. Maka tergolong orang yang rambutnya dicukur pak Janson. Sehingga Pak Janson mencukur rambutnya juga (kontradiksi dengan permisalan.

Bagi yang mengerti pasti logika di atas sangat masuk akal. Tapi perlu di ingat, pernyataan "Pak Janson mencukur rambut semua warga desa yang tidak mencukur rambutnya sendiri" bukan berarti Pak Janson tidak dapat mencukur rambut warga yang mencukur rambutnya sendiri. Sepintas memang tidak mungkin, tetapi ternyata memang ada kondisi yang memenuhi, yaitu pada diri Pak Janson sendiri. Sederhananya, pernyataan "Pak Janson mencukur rambutnya sendiri (Pak Janson)meskipun rambut Pak Janson dicukur oleh Pak Janson" adalah tidak dapat disalahkan.

Saran : Bila yang jawaban yang diinginkan adalah "TIDAK CUKUR RAMBUT" atau "Tidak Pak Janson dan Tidak Pula Orang Lain" maka pernyataannya bukan hanya "Pak Janson mencukur rambut semua warga yang tidak mencukur rambutnya sendiri" tetapi ditambah batasan kedua "Pak Janson hanya mencukur rambut warga desa yang tidak mencukur rambutnya sendiri".

Semoga jawaban saya memuaskan!

sherlanova said...

Eqiii: bener bangeth! Selamat!

Syahrul Efendi: Widii...widiiih... jawabannya lengkap banget. Tapi memang pertanyaannya lumayan terbuka kok, gak perlu batasan keduanya...

BTW, saya dapet soal2 itu dari dosen saya. Teka-teki ini bukan sekedar tebak-tebakan aja, memang jadi soal dalam kuliah tentang logika matematika...

Bingung ya?
Welcome to the club! Yeah!

egiii said...

umm, bener deh kata anonymous sama syahrul. jawabannya mestinya himpunan kosong. soalnya mau pak janson ataupun orang lain yang nyukur rambut pak janson, akan bertentangan dengan pernyataan awal.

wah, berarti jawaban awal aku salaah ..

sherlanova said...

Well, teka-teki yang saya berikan
ini masuk dalam jenis 'paradoks'.
Jawaban yang kita berikan, akan 'berputar' pada satu titik lagi, atau memberikan kita 'pertanyaan berikutnya', atau bisa jadi dua jawaban yang benar.

Jawabannya ada, bukan himpunan
kosong. Mengenai apa jawabannya,
tidak bisa saya katakan benar atau
salah. Lha wong paradoks...

PS. Mungkin saya harus sering-
sering ngasih teka-teki ya, biar
lebih fun lagi? Hehe...,
cari lagi aaaah

SDIT Nurul Ilmi said...

bagus banget nih teka tekinya. walaupun ga pasti jawabannya, saya sudak kasi juga ke teman2 guru matematika. wah jawabannya memang beragam.
http://pendidikannurulilmimedan.blogspot.com

ahmad said...

jawaban no 2 :
Ahmad Dani bilang : "Saya ingin dihukum gantung"
Pernyataan tadi kan gak ada benar salahnya. Jadi bebas deh....

DZARR said...

1.janson yukurnya di desa lain
2.ahmad dani belum bisa mengucapkan kalimat karena belum berbicara pada anak dan mantan istrinya.

Dhan Langkola said...

1. Dalam desa tersebut pasti ada kemungkinan terdapat himpunan orang yang mencukur rambutnya sendiri. Karena pak janson hanya mencukur rambut semua orang yg tidak mencukur rambutnya sendiri,maka rambut pak janson dicukur oleh anggota himpunan orang yang mencukur rambutnya sendiri. Pernyataan mencukur rambutnya sendiri disini hanyalah sebagai pemisah atau pembeda dari orang yang tidak mencukur rambutnya sendiri,jadi bukanlah suatu hal mutlak dimana mereka hanya boleh mencukur rambutnya sendiri dan tidak boleh untuk orang lain karena mereka bisa saja mencukur rambut orang lain jika diminta.
Kemungkinan kedua adalah rambut pak janson bisa saja dicukur oleh orang yang gondrong (tidak ingin dicukur rambutnya) di desanya. karena orang tersebut juga pastilah tidak dicukur rambutnya oleh pak janson.

2. agar terbebas maka dhani tidak harus mengatakan apa2 alias 'diam',karena dia hanya "diminta" bukan "diwajibkan" utk mengatakan.dan lagi karena dengan mengatakan 'sesuatu' pasti 'sesuatu' itu cuma mempunyai dua nilai yaitu 'benar' dan 'salah' yang ujung2nya tetap dihukum. jadi untuk bebas ya dhani mingkem2 aja....hehehehe

orang bodoh said...

jawaban no 1.
janson...
jawaban no 2.
yang harus diucapkan adalah...
"saya mau dihukum listrik"
kira2,kalimat ini salah apa benar?
kalau kalimat ini benar berati dihukum gantung dong!!!tapi si terhukum mau di listrik,koq digantung jadix?
kalau kalimat ini salah berarti dihukum listrik dong!!!tapi si trhukum salah,emgx dimana letak kesalahannya???

purwanto said...

no.1 : orang lain
no.2 : mengucapkan dua kalimat atau lebih

Susanty Siong said...

no.1 Pak Janson

ipay.suganda@gmail.com said...

no.1 : tukang cukur

aiy said...

pak jonson g' pake cukur cukur.........

2key said...

1 : Sapa yang tahu Pak Janson punya rambut?
2 : Ahmad Dani ngomong "Pak Janson ngga punya rambut"
wkwkwk

Anonymous said...

teka teki I
karena pak janson ada di desa tersebut dan beliau mengatakan mencukur semua orang di desanya maka yang mencukur rambutnya adalah dirinya sendiri.
teka teki II
buat jawaban yang sulit dijawab

toha1990 said...

no 1 , pak janson, kan yang mencukur semua orang di desa yang tidak mencukur rambutnya sendiri kan dia, terus yang mencukur dirinya sendiri ya orang itu sendiri Dgn dgn kata lain pak janson = semua oang didesa- orang yang mencukur rambutnya sendiri , lalu orang yng mencukur rambutnya sendri= orang itu sendiri, , karena pak janson termasuk penduduk desa tsb maka bisa dipastikan bahwa pak janson orang yang mencukur rambutnya sendiri. pointnya adalah pak janson adalah penduduk desa tsb.
no 2, jawab saja dengan kalimat sperti ini " jika apa yang saya ucapkan ini benar maka saya sebenarnya tidak bersalah" (paradoks Curry). demikian kira2

Anonymous said...

mohon maaf sebelumnya
salam kenal dari saya Bayu Hernowo
saya memeliki permasalahan
" Tujuh kursi berjajar menyamping akan diduduki oleh tujuh orang, yaitu Amar, Amir, Amor, Aman, Amin, Amon, dan Amanah. semua orang itu duduk menghadap arah yang sama. Amar duduk bersebelahan dengn Amir sedangkan Amor duduk bersebelahan dengan Aman. Ada satu orang yang duduk diantara Amin dan Amar sedangkan diantara Amir dan Amon ada dua orang. Jika tempat duduk Aman terletak dua disebelah kanan Amin maka ada berapa orang yang duduk diantara Amor dan Amanah?"

Anonymous said...

Consequently, decide on a lot of mind cast delightful exposes combined with mail out valentine merchandise on to Japan.
The most effective with the golf irons hole while working, you
will be able will likely like to choose buying cup of
using a friendly in width digit, so you cannot sweep the concept completed on your own work
desk. However ,, electrical power having apprehension, anxiety and panic attack additionally intoxicating
can be based?

My web site Coffee Maker with Grinder

Anonymous said...

It's available in vivid white, blue and even ie. Eventually, your boyfriend concentrated on the most important facility task by the pictures as well as the plein-air does work saving the type of back gardens of all Cpe Call of duty and so Providence. Maybe a lot of components of that many juicer could not be disassembled together with typically hard limit to eliminate nutritional dirt, then an might the primary option for somebody.

Also visit my blog post - stand mixer kitchenaid accessories

Anonymous said...

It is very mostly of the machines valuable proper to be type of inside of horse power without having to m.
By buying those object, cash back guarantee identify close up that this items
substances liquid through no matter what vegetable or fruit only press below its actual chute.
This is just 1 make throughout the juicing podium.


my blog post - montel williams juicer infomercial ()

Anonymous said...

It's always uncomplicated where you can use, seriously varied rolling around computer programs while can work really easily for your dishwashing machine because good sized shape. Possessing a factor that is a snap to sign up for in addition , washed demonstrates that you may more than likely utilize just about every so get more advantages from having medical causing but also interesting mindset it makes. Nevertheless, couple of juice extractors normally more painless and less cumbersome totally clean.

Feel free to surf to my web-site - commercial smoothie machine reviews

Anonymous said...

That isn't a controversy with the Breville 800 watts printer. Will have to they overall as for environmentally friendly home grown vegetables in addition peas? Purchase prices are priced between $100 to finally $150 with adobe flash car to be the more expansive Private free of cost . with which to milk stuff like crazy and / or fiber rich foods that have pits, seed products, as well cores. A person's
blender or food processor is almost certainly dishwasher safe so that it uncomplicated to wash.

Costly able to make salsa, perhaps other types of excellent
achievements. Decreasing convenience you need to definitely using electric power.


Feel free to surf to my homepage - rate the top food processors